Hal yang Harus Dilakukan Jika Motherboard Tidak Dilengkapi Sekrup

Hal yang Harus Dilakukan Jika Motherboard Tidak Dilengkapi Sekrup
Motherboard | Foto : Warga Selatan

Warga Selatan - Anda telah membeli motherboard baru dan siap untuk mengupgrade PC dan Anda telah mengetahui bahwa tidak ada sekrup di kemasannya. Apakah ini adalah hal yang sangat normal, atau haruskah Anda mengembalikan motherboard dan meminta pengembalian dana? Lagi pula, Anda tidak dapat memasang motherboard tanpa sekrup yang diperlukan. Namun, tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena hal ini biasa terjadi dan dapat Anda atasi dengan mudah tanpa harus mengembalikan motherboard yang dibeli.

Hal yang Harus Dilakukan Jika Motherboard Jika Tidak Dilengkapi Sekrup


Jika motherboard Anda tidak dilengkapi sekrup, Anda dapat membeli yang baru secara online. Anda juga dapat menggunakan sekrup dari komputer lama karena tidak semua lubang pada motherboard perlu disekrup agar tetap pada tempatnya. Marilah kita segera pertimbangkan opsi tersebut secara lebih rinci.

Beli Sekrup Baru


Pada saat Anda membeli motherboard baru, maka kemungkinan besar motherboard tersebut tidak akan dilengkapi dengan sekrup baru. Namun, itu tergantung pada setiap pabrikan untuk menyertakan bit dan alat tambahan atau tidak. Alasan utamanya adalah karena motherboard merupakan perangkat keras tambahan yang terpasang pada casing. Sekrup ini harus disertakan dengan casingnya dan bukan motherboardnya. Namun, jika tidak memiliki sekrup pada casing, Anda juga dapat memesannya online.

Pertama-tama, Anda harus memutuskan jenis sekrup yang Anda perlukan dan mana yang sesuai dengan unit spesifik Anda. Semua orang mempertimbangkan kompatibilitas perangkat keras sebelum membeli motherboard baru. Misalnya, faktor bentuk motherboard , termasuk ATX, Mini ATX, dan MicroATX, menentukan jenis, nomor, dan juga tata letak sekrup. Oleh karena itu, motherboard yang Anda beli untuk casing Anda kemungkinan besar akan kompatibel atau cocok dengan sekrup pada casing tersebut.

Mendapatkan jenis sekrup yang tepat untuk motherboard bisa jadi rumit karena sekrup yang berbeda digunakan untuk memasang motherboard . Konsultasikan manual pengguna motherboard dan lihat jenis sekrup apa yang diperlukan. Selain itu, Anda juga harus memastikan dahulu bahwa sekrupnya pas dengan lubang di dalam casing. Namun, tidak ada yang perlu dikhawatirkan kecuali memiliki kasus unik.

Jika Anda tidak dapat menemukan informasi apa pun yang jelas tentang jenis sekrup yang Anda perlukan, Anda dapat mengandalkan kit sekrup PC yang berisi berbagai jenis sekrup yang diperlukan untuk berbagai komponen PC. Mudah-mudahan, Anda akan menemukan yang kompatibel dalam kit ini. 

Jika Anda memutuskan untuk membeli sekrup pengganti dari toko lokal atau offline, maka Anda dapat membawa motherboard dan meminta mereka untuk memberikan sekrup yang sesuai. Sebelum memasang sekrupnya, periksa ulir dan panjang sekrup untuk memastikan terpasang dengan sempurna.

Gunakan Sekrup Lama


Jika memiliki motherboard atau casing lama, Anda jugdapat menggunakan sekrup lama karena sebagian besar casing dan motherboard standar menggunakan sekrup yang sama. Untungnya, tidak ada yang rumit dalam memasang sekrup dengan benar. Mereka cocok atau tidak. Anda dapat dengan mudah memeriksa apakah motherboard terpasang erat pada casing PC dan memastikan tidak ada yang longgar. 

Satu-satunya hal yang harus siperhatikan adalah panjang sekrup untuk memastikan sekrup masuk. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan sekrup lain asalkan terpasang erat. Biasanya lubang sekrup di motherboard memiliki lingkaran kuning atau putih yang menunjukkan ukuran kepala sekrup. Anda dapat melakukannya jika sekrup terpasang erat dan kepalanya tidak lebih besar dari lingkaran yang ditandai.

Jenis Sekrup Apa yang Biasanya Dibutuhkan Untuk Motherboard?


Motherboard memerlukan berbagai sekrup untuk pemasangan. Oleh karena itu, Anda perlu memeriksa apakah semua jenis sekrup kompatibel dengan motherboard dan casing. Inilah yang perlu Anda ketahui:

Sekrup UNC #6-32


Karena sebagian besar penahan motherboard adalah tipe #6-32 UNC, maka Anda memerlukan sekrup yang cocok untuk mengencangkannya dengan erat. Ini adalah salah satu sekrup mesin standar yang terutama digunakan untuk mengencangkan panel dan komponen, termasuk motherboard pada PC. Anda dapat menggunakan sekrup dengan panjang 3/16″ atau 5/16″, tetapi sekrup 3/16″ lebih umum ini.

Sekrup M.3


M.3 × 5 adalah sekrup yang bisa Anda dapatkan untuk memasang motherboard jika Anda tidak memiliki sekrup #6-32 UNC. Ukuran dan panjang ini (panjang 5 mm) bersifat universal untuk sebagian besar kebuntuan. Pada beberapa motherboard, Anda mungkin juga dapat menggunakan sekrup M.2 atau M.4. 

Jika Anda tidak memiliki sekrup #6-32 UNC atau M.3, maka Anda dapat mencoba atau membeli sekrup jenis ini dan melihat apakah cocok. Selain sekrup di atas yang digunakan untuk mengencangkan motherboard ke casing, Anda memerlukan sekrup jenis lain untuk memasang komponen lain ke mobo.

BM5 × 10


Anda memerlukan sekrup ini untuk memasang kipas ke casing. Mereka mungkin disertakan dalam casing atau disertakan dengan kipas. Mereka menampilkan kepala datar yang merupakan tipe Philips Nomer 2.

Sekrup M2


Sekrup kecil ini memasang kartu SSD. Motherboard Anda mungkin dilengkapi dengan sekrup yang terpasang di dalam lubangnya.

Demikian ulasan tentang Hal yang Harus Dilakukan Jika Motherboard Tidak Dilengkapi Sekrup seperti yang dilansir alexistogel, semoga bermanfaat.