Wajib Diketahui, Ini Dia Alasan Kenapa Investasi Emas Banyak Peminatnya

Wajib Diketahui, Ini Dia Alasan Kenapa Investasi Emas Banyak Peminatnya
Investasi Emas | Foto : Warga Selatan

Warga Selatan - Di zaman sekarang ini, setiap orang tentu mengharapkan kondisi keuangan yang sejahtera dan pembangunan yang berkelanjutan di masa depan. Untuk mewujudkan hal tersebut, selain membangun jenjang karir dan pendapatan, tidak sedikit orang yang berinvestasi.  

Salah satunya adalah emas yang tak pernah sepi peminatnya. Bukan tanpa alasan, investasi emas selalu menjadi pilihan menarik bagi para investor karena menawarkan banyak keuntungan yang menggiurkan dan sayang jika dilewatkan. Tak hanya risikonya yang rendah, investasi emas juga menjanjikan keuntungan tinggi dalam jangka panjang bagi pemiliknya.

Namun selain itu, ada beberapa alasan mengapa investasi emas menjadi instrumen investasi favorit banyak orang, termasuk investor pemula sekalipun. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ulasan mengapa Investasi Emas selalu menjadi pilihan favorit para investor.

Mengapa Emas Selalu Dijadikan Investasi Favorit?


Berinvestasi emas memang menawarkan banyak keuntungan dan masih menjadi investasi yang dilirik banyak orang. Jika Anda belum pernah berkecimpung dalam dunia investasi, Anda bisa menggunakan emas sebagai salah satu pilihan. 

Keuntungan berinvestasi emas juga banyak dan tidak hanya dalam bentuk materi saja. Ada beberapa hal yang membuat investasi logam mulia ini juga cocok untuk dipilih oleh pemula. Simak beberapa alasannya di bawah ini.

Risiko Rendah Dan Mudah Ditoleransi


Banyak orang yang enggan berinvestasi karena khawatir dengan risikonya. Jika Anda salah satunya, berinvestasi emas bisa menjadi pilihan untuk mengambil langkah awal dalam menginvestasikan modal dengan aman. Pasalnya, risiko investasi emas jika dibandingkan dengan kebanyakan instrumen investasi lainnya bisa dikatakan sangat rendah.

Investor tidak perlu khawatir jika nilai investasinya menurun karena harga emas seiring berjalannya waktu pasti akan stabil dan meningkat secara konsisten. Agar investasi lancar, Anda hanya perlu menghitung selisih nilai jual emas dengan nilai beli dan pastikan mendapat untung. Jangan lupa untuk mengurangi biaya investasi, maka perhitungan capital gain yang diperoleh harus dicatat.

Hal ini tentu berbeda dengan investasi saham yang nilainya cenderung berfluktuasi dan dapat menurun seiring berjalannya waktu. Karena sifatnya, investasi emas sering dijadikan pilihan yang aman untuk investasi jangka panjang seperti lebih dari 5 tahun.

Memiliki Sifat Lindung Nilai


Alasan lain mengapa banyak orang memilih berinvestasi emas adalah karena instrumen ini memiliki sifat lindung nilai. Apa artinya? Pada dasarnya sifat lindung nilai berasal dari kenaikan harga emas yang setiap tahunnya mampu melebihi laju inflasi di hampir semua kondisi perekonomian di setiap negara.

Jika nilai uang kertas melemah, harga emas sering kali naik atau bergerak secara stabil. Ketahanannya terhadap inflasi membuat minat investor untuk berinvestasi emas tidak pernah berkurang. Sebab, memiliki logam mulia ini dapat membantu Anda menjaga nilai kekayaan meski dalam kondisi perekonomian yang sedang kacau.

Jauh Dari Risiko Kebangkrutan


Selain memiliki sifat lindung nilai, investasi emas juga digemari karena jauh dari risiko kebangkrutan. Berbeda dengan saham yang nilainya bisa terus turun dan turun, nilai emas cenderung tetap stabil dan kecil kemungkinannya kehilangan seluruh nilainya. Khususnya pada produk emas batangan, nilainya berpotensi terus terjaga dan terbukti dengan peminat logam mulia ini yang tak pernah surut sejak ratusan tahun lalu.

Variasi Harga Yang Lebih Terjangkau


Kini investasi emas bisa dilakukan oleh siapa saja yang ingin memulainya. Sejak munculnya investasi digital, investasi instrumen emas kini bisa dilakukan dengan modal terjangkau. Bahkan, investasi emas bisa dimulai hanya dengan modal 10 ribu di sejumlah platform investasi online.

Selain itu, emas batangan juga kerap diproduksi dalam ukuran kecil agar lebih mudah dijangkau masyarakat, misalnya 0,1 gram bahkan kurang. Jadi, tidak ada lagi alasan untuk ragu berinvestasi emas karena saat ini harganya sudah cukup terjangkau dan mudah dilakukan.

Proses Pencairan Mudah Dan Praktis


Alasan lain yang bisa diketahui yaitu karena proses pencairan logam mulia ini relatif mudah dan praktis. Jadi, ketika Anda membutuhkan dana mendesak, Anda tidak perlu khawatir untuk mencairkan emas Anda karena bisa langsung dijual.

Bebas Pajak


Investasi yang paling diminati adalah investasi yang bebas pajak. Hal inilah yang bisa Anda dapatkan ketika berinvestasi pada logam mulia emas. Emas merupakan barang standar yang tidak termasuk dalam kategori barang yang dapat dikenakan pajak.

Bebas pajak dengan keuntungan yang stabil atau meningkat menjadi alasan mengapa yang satu ini banyak peminatnya. Bahkan ada yang membandingkan investasi dolar atau emas, mana yang lebih menguntungkan? Jadi jawabannya adalah emas, karena dolar masih bisa terkena dampak inflasi.

Tingkat Permintaan Selalu Tinggi


Terakhir, alasan mengapa investasi emas selalu menjadi pilihan yang layak bagi investor adalah karena permintaan terhadap komoditas ini sangat tinggi. Hingga saat ini emas masih dianggap sebagai barang berharga dan banyak dicari, baik untuk investasi, perhiasan, dan lain sebagainya. 

Oleh karena itu, harga emas selalu meningkat dari waktu ke waktu dan menjadi instrumen investasi yang digemari. Nilainya yang cenderung stabil, terus meningkat dari waktu ke waktu, dan tahan terhadap inflasi membuat logam mulia ini sering dijadikan sebagai instrumen investasi. 

Demikian ulasan artikel tentang Wajib Diketahui, Ini Dia Alasan Kenapa Investasi Emas Banyak Peminatnya seperti yang dilansir situs game online. Semoga bermanfaat.