Cara Mengaktifkan RAM Dual Channel dengan Mudah

Cara Mengaktifkan RAM Dual Channel dengan Mudah
Ram Dual Channel | Foto : Warga Selatan

Warga Selatan - Di dunia digital saat ini, pengguna komputer ini selalu mencari cara untuk mempercepat sistem mereka agar dapat melakukan multitasking tanpa mengorbankan efisiensi. Memiliki RAM berkapasitas tinggi sering kali menjadi hal paling utama yang terlintas dalam pikiran Anda ketika sistem Anda terasa lemot. 

Teknologi RAM multi-channel adalah cara lain untuk meningkatkan kecepatan komputer masa kini. Apa saja yang tercakup di dalamnya, dan bagaimana cara mengaktifkannya? Teruslah membaca artikel ini untuk mempelajari cara mengaktifkan mode dual channel dan spesifikasi sistem yang Anda perlukan ini.

Apa itu Dual Channel Mode?


Mode dual channel ini adalah dua modul RAM yang berjalan bersama dalam satu saluran agar jauh lebih “dioptimalkan” dalam arti tertentu. Perbedaan performanya cukup kecil dan pastinya tidak menjadi masalah saat bermain game. Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa CPU (prosesor) akan bekerja lebih baik pada mode dual channel karena menggunakan beban CPU 5 hingga 20% lebih sedikit. 

Ini adalah faktor jika Anda menggunakan PC karena dapat memberikan banyak manfaat di masa depan dalam hal umur panjang, kinerja, dan keamanan. CPU yang bekerja keras cenderung menjadi panas tanpa pendinginan ekstra dan menjalankan RAM dual channel juga adalah hal yang efisien dalam hal ini.

Apa itu Mode Single Channel


Mode single channel membuat setiap modul RAM dijalankan secara terpisah dari modul RAM lain yang telah terpasang pada sebelumnya. Jika Anda memasang beberapa modul RAM dan modul tersebut tidak dipasang di slot DIMM (slot RAM) yang benar, maka modul tersebut akan berjalan dalam mode single channel. RAM ini juga akan berjalan pada saluran yang terpisah dan bahkan memiliki kecepatan dan latensi CAS yang berbeda ini akan menyebabkan setiap modul RAM berjalan dengan yang paling lambat. 

Cara Memeriksa Apakah Anda Bisa Menjalankan Dual-Channel


Anda dapat mengunduh alat perangkat lunak bernama CPU-Z . Perangkat lunak ini akan memeriksa perangkat sistem Anda dan memberikan informasi seperti spesifikasi modul, pengaturan waktu jam RAM, proses, papan, SPD, dll. Ini akan memberikan gambaran mendalam tentang cara kerja RAM Anda. 

Dan setelah Anda menjalankan aplikasi, Anda cukup menekan tab memori untuk memeriksa ram Anda. Lihat bagian kanan atas aplikasi dan Anda akan melihat “Channel #”. Itu bisa single, dual, atau quad. Jika sudah dalam mode dual, maka Anda berada dalam mode dual channel dan tidak perlu mengaktifkannya.

Mengaktifkan Dual Channel


Untuk mengaktifkan mode dual channel, maka Anda perlu untuk memeriksa motherboard Anda secara fisik. Motherboard biasanya memiliki 4 slot DIMM dan Anda dapat melihat bahwa slot tersebut memiliki kode warna. Sekarang, warnanya tergantung pada jenis motherboard yang Anda miliki tetapi akan selalu ada setidaknya 2 warna berbeda untuk motherboard dengan 4 slot DIMM. Hal ini memiliki tujuan untuk memudahkan dalam merakit atau mengenali modul RAM apakah RAM ini sudah dual channel atau tidak. 

Aturannya sangat sederhana. Jika modul RAM yang terpasang pada motherboard Anda memiliki warna yang sama, maka RAM tersebut seharusnya berjalan dalam mode dual channel. Ini untuk menghindari kebingungan karena beberapa motherboard memiliki gayanya sendiri. Anda biasanya juga dapat melihat kode seperti A1, A2, B1, dan juga B2. Ini adalah sebuah kode untuk slot DIMM pada motherboard Anda. 

Slot A1 adalah yang paling dekat dengan prosesor Anda dan urutannya sama persis seperti yang telah kita jelaskan sebelumnya. Anda ingin RAM Anda memiliki nomor yang sama dan warnanya juga harus sama. Misalnya, memasang modul RAM pada A1 dan B1 akan mengaktifkan mode dual channel serta A2 dan B2. Namun, menginstalnya di A1 dan A2 ini akan membuatnya berjalan dalam mode single channel.

Manfaat Mode Dual channel


Sama seperti yang disebutkan sebelumnya, mode dual channel memiliki sedikit peningkatan dalam hal kinerja secara keseluruhan. Namun, proses CPU yang lebih jauh cepat tentunya dapat menjadi masalah besar karena membuat CPU tidak dapat menjalankan banyak informasi. Ini karena menjalankan mode dual channel memberi PC Anda bandwidth akses memori yang lebih cepat. Ada banyak pemilik PC yang telah mencoba untuk melihat perbedaan antara RAM ganda 4 GB (total 8 GB) dan RAM tunggal 8 GB ini.

Performanya pun relatif sama karena sangat kecil sehingga bisa juga merupakan suatu kebetulan saja. Perbedaan nyata terletak pada transfer data karena kinerjanya 15% lebih cepat dibandingkan mode single channel. Saat bermain game, Anda mungkin mendapatkan 2-3 FPS tambahan, yang mana ini tidak bersifat signifikan. Untuk tugas lainnya seperti pengeditan, akan berdampak signifikan terhadap kinerja.

Demikian ulasan tentang Cara Mengaktifkan RAM Dual Channel dengan Mudah seperti yang dilansir slot alexistogel, semoga bermanfaat.