Alasan Kenapa RAM DDR3 Akan Berfungsi di PC

Alasan Kenapa RAM DDR3 Akan Berfungsi di PC
RAM DDR3 | Foto : Media Cirebon 

Warga Selatan - Belum lama ini RAM 8 GB dianggap sebagai hal yang berlebihan untuk PC. Sekarang sepertinya Anda tidak bisa berjalan banyak di PC dengan RAM sebesar itu. Jika ingin memainkan sebuah game, Anda harus mematikan semua proses latar belakang ini sebelum Anda dapat bermain secara relatif bebas lag.

Apakah RAM DDR3 Akan Berfungsi di PC Saya?


Anda dapat menggunakan RAM DDR3 tipe apa pun pada PC Anda selama Anda memiliki ruang untuk stik RAM tambahan pada motherboard Anda dan tidak melebihi batas RAM yang ada di motherboard PC Anda. Penyiapan optimalnya adalah dengan cara menambahkan stik RAM yang serupa dengan yang sudah Anda miliki sebelumnya. Jika Anda kesulitan menemukannya, Anda bisa membeli tongkat serupa.

Perhatikan juga bahwa jika Anda sudah memiliki dua stik RAM pada motherboard Anda (misalnya, dua stik RAM 4 GB, bukan 8 GB), yang terbaik adalah menambahkan dua stik dari jenis yang sama. Namun, jika motherboard Anda hanya memiliki dua slot, sebaiknya ganti kedua stik tersebut dengan stik identik yang berkapasitas lebih tinggi. Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan peningkatan kinerja tertinggi.

Cara Memeriksa Versi DDR yang Didukung


Sangat mudah sekali untuk memeriksa versi DDR mana yang bisa dipasang pada motherboard PC Anda. Pertama-tama, Anda harus mengidentifikasi pabrikan motherboard dan model motherboard milik Anda.

Berikut adalah cara-caranya:

Command Prompt 


Jika Anda merasa nyaman dengan ruangan yang gelap, Anda dapat menggunakan utilitas Windows Instrumentation Management dari Command Prompt. Utilitas ini memungkinkan Anda mendiagnosis kesalahan dan melihat informasi log dari berbagai komponen Windows dan perangkat keras. Untuk menemukan model motherboard Anda menggunakan command prompt, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Tekan tombol Start, ketik cmd, dan tekan Enter.

  • Setelah Command Prompt terbuka, ketik wmic baseboard get product, Manufacturer.

  • Anda akan melihat pabrikan dan modelnya segera setelah Anda menekan Enter.

UI Information System


Jika Anda lebih suka cara yang lebih mudah, Anda dapat menggunakan System Information di Windows.

Begini caranya:

  • Buka Menu Start dan ketik System Information.

  • Setelah jendela terbuka, klik System Summary.

  • Gulir ke bawah untuk menemukan BaseBoard Manufacturer dan BaseBoard Products Anda.

Dengan informasi tersebut, maka segera cari modelnya dan kunjungi situs website produsen motherboard PC untuk mengetahui spesifikasinya dengan lebih pasti. Perhatikan bahwa motherboard Anda harus mendukung RAM DDR3 secara khusus karena versi DDR yang berbeda ini tidak kompatibel.

Kompatibilitas CPU dan RAM


Saat memilih RAM, motherboard bukanlah satu-satunya komponen yang harus kompatibel. Anda juga harus mempertimbangkan versi DDR mana yang cocok dengan CPU Anda. Namun, hal ini sering diabaikan karena kompatibilitas motherboard-CPU menjadi prioritas. Intinya, jika Anda membeli RAM yang cocok dengan motherboard Anda, Anda juga harus memastikan kalau CPU juga harus kompatibel dengan motherboard Anda. Untuk melihat versi RAM DDR mana cocok, bukalah System Information ini.

  • Di bawah Processor, periksa model dan pabrikan.

  • Kemudian, Google informasi tersebut untuk mengetahui spesifikasi detail CPU.

Berapa Banyak RAM yang Bisa Didukung Oleh Motherboard Anda?


Setelah Anda mengidentifikasi generasi DDR yang cocok dengan motherboard Anda, maka sekarang yang sangat tepat untuk melihat apakah PC yang Anda miliki dapat menangani jauh lebih banyak RAM daripada yang sudah terpasang. Ada dua faktor yang menentukan maksimum RAM yang bisa didukung:

  • Sistem operasi Anda

  • Kapasitas maksimal motherboard Anda

Sistem Operasi RAM Maksimum


Beberapa pengguna PC akan merasa sangat terkejut pada saat mengetahui bahwa sistem operasi hanya dapat menangani jumlah RAM yang terbatas. Keterbatasannya terletak pada mekanisme pengalamatan yang digunakan untuk mengidentifikasi blok-blok RAM individual. Sistem operasi lama menggunakan skema 32-bit. Oleh karena itu, mereka dapat mendukung hingga 2^32 byte RAM, kira-kira setara dengan 4 GB. Versi yang lebih baru ini tentunya telah dipindahkan ke versi 64-bit, yang menghasilkan 2^64 byte.

Secara teoritis, angka tersebut berarti sekitar 16 exabyte atau satu juta terabyte dan ini adalah ukuran yang sangat besar. Namun dalam kehidupan nyata, sebagian besar sistem operasi tidak dapat melampaui dua terabyte, yang masih merupakan jumlah yang tidak masuk akal bagi pengguna PC rumahan mana pun. Lalu bagaimana cara mudah mengetahui apakah Windows Anda 32 ataupun 64-bit?

  • Klik kanan pada PC dan pilih Propertes.

  • Kemudian, di jendela yang terbuka, cari System Type.

Kapasitas Motherboard Maksimum


Jika Anda memiliki OS 64-bit, mnaka kemungkinan besar Anda memiliki ruang untuk meningkatkan RAM. Kebanyakan motherboard modern yang ada pada saat ini telah dirancang untuk menangani RAM 64 atau bahkan 128 GB. Namun yang paling pasti, carilah model motherboard seperti yang dijelaskan di atas. Kemudian periksa spesifikasi teknis di web produsen untuk melihat maksimal RAM yang didukung.

Demikian ulasan tentang Alasan Kenapa RAM DDR3 Akan Berfungsi di PC seperti yang dilansir slot gacor, semoga bermanfaat.