Beberapa Penyebab Baterai HP Cepat Habis Yang Wajib Anda Ketahui

Beberapa Penyebab Baterai HP Cepat Habis Yang Wajib Anda Ketahui
Baterai Hp Cepat Habis | Foto : Warga Selatan 

Warga Selatan - Bagi anda pengguna hp android pastinya sering mengeluh baterai hp cepat habis. Hal seperti ini tentu sangat mengganggu, apalagi bagi Anda yang sering melakukan perjalanan jauh, selain harus terus membawa powerbank juga menghambat komunikasi dengan orang lain. Lalu apa penyebab baterai hp cepat habis? Kami akan membahasnya di sini.

Saat ini hampir semua orang menggunakan ponsel. Baik untuk berkomunikasi, bekerja dan eksis di dunia maya. Untuk melakukan semua hal tersebut, baterai menjadi komponen yang paling penting karena merupakan penyuplai daya agar ponsel dapat berfungsi sebagaimana mestinya. 

Penggunaan ponsel seakan sudah menjadi suatu kebutuhan, membuat kita lupa bahwa perangkat ini juga memiliki keterbatasan dalam penggunaannya. Jika melebihi batas maka ponsel akan bekerja ekstra yang otomatis membutuhkan sumber daya yang besar. Hal ini berdampak pada berkurangnya daya baterai. Nah pada artikel kali ini kita akan mengetahui Penyebab Baterai HP Cepat Habis.

Penyebab Baterai HP Cepat Habis 

Media Sosial

Banyaknya jenis aplikasi media sosial yang berkembang saat ini tentunya semakin memudahkan kita dalam berkomunikasi meski dalam jarak yang sangat jauh. Namun konsekuensi dari semakin beragamnya aplikasi media sosial memerlukan jaringan internet yang harus selalu aktif. 

Mengapa baterai ponsel cepat habis saat menggunakan media sosial? Jawabannya seperti yang sudah dijelaskan di atas, media sosial membutuhkan jaringan internet. Untuk mencari jaringan internet, perangkat hp otomatis menguras daya baterainya. 

Apalagi jika Anda termasuk orang yang sangat aktif di dunia media sosial. Selama masih ada paket data maka jaringan internet akan tetap berfungsi meskipun kita tidak menggunakannya. Hal inilah yang menguras daya baterai dan menyebabkan baterai cepat habis.

Kerja Sistem Yang Berlebihan

Ponsel khususnya Android mempunyai sistem operasi yang digunakan untuk menjalankan semua fungsi aplikasi yang ada di ponsel. Sistem ini memang bisa menjalankan 1-2 aplikasi secara bersamaan yang biasa disebut dengan multitasking. Misalnya mengaktifkan WiFi untuk mengakses media sosial namun juga menggunakan ponsel untuk mendengarkan musik. 

Namun jika lebih dari itu biasanya sistem akan mencapai batasnya dan tidak dapat bekerja maksimal yang biasa kita sebut dengan lag. Jadi, penggunaan sistem yang sudah mencapai batasnya akan menyebabkan konsumsi baterai berlebih dan menyebabkan baterai cepat habis. 

Hal yang biasa sering kita lakukan adalah menginstal terlalu banyak aplikasi sehingga membebani kinerja ponsel, terutama aplikasi yang selalu terhubung dengan jaringan internet, seperti aplikasi media sosial dan game. Sekalipun Anda sedang tidur, aplikasi Android ini akan tetap berfungsi selama terhubung dengan internet, apalagi dalam keadaan aktif penuh.

Kecerahan Layar Yang Berlebihan 

Tanpa kita sadari penyebab baterai smartphone android cepat habis salah satunya karena penggunaan tingkat kecerahan layar hp yang maksimal menyebabkan baterai cepat habis dan hp cepat panas. Mengatur kecerahan layar hp ke full bisa menyebabkan baterai hp cepat terkuras. 

Oleh karena itu, atur kecerahan layar jangan sampai penuh, minimal setengahnya agar kita bisa menghemat daya baterai ponsel kita. Usahakan gunakan kecerahan layar yang cukup, ini akan menghemat baterai ponsel kamu.

Sinyal

Sinyal inilah yang menjadi hal utama dalam fungsi ponsel. Jika ponsel tidak menangkap sinyal maka tidak akan bisa digunakan untuk komunikasi atau keperluan lain sebagaimana mestinya. Pencarian sinyal ini membutuhkan daya baterai yang cukup besar sehingga menyebabkan baterai ponsel menjadi boros.

Kesalahan Dalam Menggunakan Charger

Setiap ponsel pastinya dilengkapi dengan baterai yang dapat diisi dayanya. Namun kita juga harus memperhatikan penggunaan charger yang kita gunakan untuk mengisi baterai smartphone kita. Kesalahan dalam penggunaan charger ini akan berdampak buruk pada umur baterai ponsel kita. Gunakan charger yang sesuai dengan daya baterai ponsel Anda. 

Penggunaan charger smartphone yang tidak sesuai dengan kapasitas baterai merupakan penyebab awal terjadinya kelainan pada ponsel sehingga baterai ponsel sering cepat habis. Yang paling aman adalah selalu menggunakan charger yang disertakan dengan ponsel saat kita membeli ponsel tersebut.

Kesalahan Dalam Proses Pengisian Daya 

Kita juga harus memperhatikan saat mengisi daya. Jangan gunakan ponsel untuk bermain game atau mendengarkan musik sambil mengisi daya baterainya. Karena hal ini akan berdampak buruk pada baterai dan memperpendek umur baterai ponsel kita. Lebih baik lagi jika kita mengisi ulang baterai dalam posisi mati atau ponsel dalam keadaan mati. Sehingga pengisian baterai akan lebih maksimal.

Penggunaan HP Tanpa Henti

Ponsel selalu digunakan nonstop, artinya smartphone selalu digunakan meski masih dalam keadaan dicharge, hal ini akan berdampak buruk pada daya tahan baterai. Sama seperti manusia, ponsel juga butuh istirahat. Coba lepas baterainya dan istirahatkan ponsel Anda agar performanya tetap baik. Itulah beberapa hal penyebab baterai cepat habis, pasti banyak dari kalian yang sering melakukan kesalahan diatas.

Umur HP Sudah Tua

Ponsel yang sudah lama digunakan juga akan mempengaruhi kemampuan kerja ponsel tersebut. Semakin lama ponsel digunakan, maka penggunaannya akan semakin tidak normal. Biasanya ponsel akan mempertahankan performa terbaiknya pada tahun pertama, namun setelah itu performa ponsel akan menurun karena hardware sudah tua dan perlu diperbarui.

Demikian ulasan artikel tentang Beberapa Penyebab Baterai HP Cepat habis seperti yang dilansir sbobet. Semoga bermanfaat.