Apa Itu TikTok? Yuk Simak Penjelasan Lengkapnya Sekarang Juga

Apa Itu TikTok? Yuk Simak Penjelasan Lengkapnya Sekarang Juga
Tiktok | Foto : Warga Selatan 

Warga Selatan - Seiring kemajuan teknologi, masyarakat semakin diramaikan dengan berbagai konten menarik dari berbagai jejaring sosial. Salah satu media sosial yang saat ini sedang naik daun di Indonesia adalah TikTok, aplikasi ini berhasil menyihir banyak orang.

Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga lansia pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi bernama TikTok. Kepopuleran TikTok tidak hanya melanda masyarakat biasa saja lho, para selebriti juga turut membuat aplikasi TikTok semakin dikenal. Jika dulu Indonesia dibanjiri selebgram, kini berubah dengan maraknya seleb TikTok yang digandrungi masyarakat. 

Pasalnya, video yang diunggah menarik, unik, dan membuat ketagihan banyak orang. Kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai aplikasi TikTok baik dari segi pengertian, sejarah dan lainnya yang sering anda mainkan setiap hari. Seberapa jauh Anda mengenal aplikasi TikTok ini? Untuk informasi lebih lengkapnya langsung saja kita baca artikel dibawah ini.

Apa Itu TikTok?

Aplikasi TikTok memang dikenal sebagai aplikasi yang bisa digunakan untuk berbagi berbagai video pendek. Dengan menggunakan TikTok, pengguna dapat mengekspresikan kreativitasnya dalam sebuah video pendek berdurasi 15 hingga 60 detik. Pengguna TikTok bebas menggunakan filter lalu mengedit video agar menarik. 

Untuk membuat video TikTok semakin keren, pengguna bisa menambahkan background music dari berbagai genre. Video TikTok juga dapat ditambahkan dengan suara pribadi pengguna aplikasi. Pengguna TikTok bisa berkreasi dengan mengunggah video yang mereka buat atau menggandakan video lain. Biasanya video duplikasi ini bisa berupa duet dengan video lain. 

Selain itu, di TikTok, pengguna dapat menambahkan dirinya ke dalam video. Setelah selesai dibuat, video TikTok yang telah direkam dapat langsung diunggah ke akun jejaring sosial media TikTok pribadinya. Biasanya, video TikTok yang diunggah dapat dilihat dan ditanggapi oleh pengguna TikTok lainnya.

Setiap video yang diunggah akan menampilkan berapa banyak orang yang telah melihat dan menyukai video tersebut. Video yang sedang trending akan muncul sebagai rekomendasi agar dapat ditonton lebih banyak orang.

Sejarah TikTok

Kepopuleran aplikasi TikTok memang luar biasa, karena hampir semua kalangan pernah memainkan atau menginstal aplikasi ini. Tapi tahukah kamu apa itu tiktok dan apa itu tiktok? Lalu dari mana asal aplikasi TikTok ini? Siapa yang membuat aplikasi TikTok ini? Ternyata aplikasi TikTok ini berasal dari negeri Cina lho.

TikTok merupakan salah satu layanan jejaring media sosial yang dapat membuat atau membagikan video pendek berdurasi sekitar 15 detik hingga 60 detik. Biasanya video-video di TikTok bisa terdiri dari berbagai genre seperti dance, komedi, edukasi, hingga kemanusiaan. Sebelum dikenal dengan nama TikTok, aplikasi buatan China ini bernama Douyin yang dibuat oleh perusahaan ByteDance pada tahun 2016 lalu.

Fitur Aplikasi TikTok

Sama seperti jejaring media sosial lainnya, TikTok juga memiliki beberapa fitur yang bisa Anda nikmati. Berikut penjelasannya.

1. Home – For You

Jika Anda baru mengenal TikTok, Anda akan menemukan halaman "For You" yang merupakan halaman utama atau Beranda saat Anda membuka aplikasi ini. Di halaman ini Anda akan dapat melihat berbagai video TikTok yang diunggah oleh pengguna lain. Di area kanan layar, Anda akan melihat tombol profil pembuat video yang sedang ditonton. 

Dibawah tombol profile terdapat tombol like, dimana pada tombol like juga terdapat keterangan berapa like yang anda dapatkan untuk video tersebut. Lalu ada tombol komentar agar para pengguna TikTok dapat memberikan nasehat atau saran di kolom tersebut. Terakhir ada tombol share, Anda bisa memilih untuk membagikan video yang menurut Anda menarik dengan teman atau keluarga di jaringan media sosial lainnya.

Kerennya lagi, jika video menggunakan background music, selalu ada deskripsi judul lagu di bawah deskripsi video. Anda dapat mengklik judul lagu dan melihat video lain menggunakan musik latar yang sama. Hashtag yang digunakan juga memiliki fungsi yang sama, dimana ketika Anda mengklik hashtag tersebut maka akan muncul video lain yang berhubungan dengan hashtag tersebut.

2. Discover – Pencarian

Di halaman temukan ini, Anda dapat mencari nama pengguna TikTok yang ingin Anda ikuti atau melihat profilnya. Selain mencari menggunakan username TikTok, kamu juga bisa mencari video lainnya menggunakan hashtag. Alternatifnya, Anda juga bisa mencari video menggunakan judul lagu yang ingin Anda lihat. 

Saat Anda membuka halaman temukan, Anda akan melihat beberapa iklan yang berfungsi dengan TikTok. Kemudian di bawahnya terdapat tagar yang sedang populer di kalangan pengguna TikTok. Bisa dibilang video yang tampil di halaman ini adalah video yang banyak disukai dan paling disukai orang sesuai dengan kategorinya.

3. Pop Up Menu

Selain bisa melihat berbagai macam video TikTok, ada fitur lain yang bisa dinikmati pengguna TikTok. Salah satu fitur tersebut adalah bisa menyimpan video yang kamu suka di HP kamu. Caranya juga cukup dengan menekan layar ponsel selama beberapa detik hingga muncul menu pop up.

Di menu ini kalian bisa mendownload video ke hp kalian, biasanya video tutorial atau DIY yang banyak di download. Selain menu download, kamu juga bisa menambahkan video TikTok yang kamu suka ke menu favorit. Jika ingin menonton video berkali-kali tanpa harus repot mencarinya dengan hashtag atau judul lagu. 

Klik saja menu favorit yang ada di menu pop up tadi, maka video yang kamu suka akan langsung tersimpan di menu favorit di profil kamu. Namun jika Anda merasa terganggu dengan video yang muncul di halaman "For You", Anda dapat memilih melaporkan atau mengklik tidak tertarik. Jadi video yang mengganggu tadi tidak akan muncul lagi di halaman utama TikTok Anda.

Cara Download Aplikasi TikTok

Jika Anda tertarik untuk mencoba aplikasi TikTok ini, Anda dapat mengunduhnya langsung di ponsel Anda. Jika Anda adalah pengguna Android, Anda dapat mengikuti metode berikut:

  • Pertama, cukup buka aplikasi Play Store di ponsel Anda.
  • Tulis TikTok di bilah pencarian di bagian paling atas.
  • Tunggu hingga aplikasi TikTok muncul di halaman pencarian.
  • Lalu, pilih aplikasi TikTok yang sesuai dengan kebutuhan Anda: TikTok atau TikTok Lite.
  • Setelah mengklik aplikasi yang diperlukan, cukup klik menu "Instal".
  • Tunggu beberapa menit hingga proses download selesai, lalu pastikan koneksi internet Anda lancar.
  • Setelah selesai, Anda dapat mengklik "Buka" dan menikmati fitur-fitur di dalamnya.

Cara Menggunakan Aplikasi TikTok

Setelah selesai mendownload dan memahami pengertian tiktok dan aplikasinya, pasti ingin segera mencoba membuat video di tiktok. Lalu bagaimana cara membuat video trending di tiktok agar tidak kalah dengan orang lain? Caranya di bawah ini.

  • Pertama buka aplikasi TikTok di ponsel Anda.
  • Klik menu create yang posisinya di tengah dengan simbol +.
  • Setelah diklik, Anda dapat memilih durasi video yang ingin ditampilkan, mulai dari 15 hingga 60 detik.
  • Kemudian, Anda juga dapat mengklik opsi "menu template" untuk menemukan jenis video yang ingin Anda buat, atau mengklik opsi "menu favorites" jika Anda ingin menggunakan filter video yang sedang tren.
  • Jika ingin membuat video lebih keren lagi, Anda bisa menambahkan efek sesuai keinginan.
  • Di menu paling atas anda bisa menyisipkan suara atau musik, anda bisa memilih lagu yang sedang trending.
  • TikTok juga memiliki menu filter dan kecantikan di sebelah kanan yang bisa Anda atur sendiri.
  • Lalu ada speed untuk mengatur kecepatan video dan timer untuk mulai merekam.
  • Setelah selesai merekam, Anda bisa langsung menguploadnya dengan klik next lalu posting.

Cara Mendapatkan Uang Dari TikTok

Menjadi TikTok Influencer

Salah satu metode awal untuk menghasilkan pendapatan dari TikTok adalah dengan menjadi seorang influencer di platform ini. Seorang influencer adalah individu yang memiliki kapabilitas memengaruhi orang lain melalui konten yang mereka hasilkan.

Dengan menjelma sebagai seorang influencer, Anda dapat menjalin kerja sama dengan merek untuk mempromosikan produk dan kemudian menerima imbalan atas usaha tersebut. Kiat menjadi influencer TikTok antara lain berfokus pada ceruk tertentu, membuat konten secara konsisten, dan interaksi yang baik dengan pengikut.

Mendaftar TikTok Affiliate

Mendaftar di program Afiliasi TikTok bisa menjadi cara mendapatkan uang dari TikTok yang patut Anda coba. Afiliasi merupakan suatu program yang memungkinkan Anda untuk mengiklankan produk spesifik dan menerima komisi berdasarkan penjualan produk tersebut. Cara kerja program afiliasi TikTok serupa dengan program afiliasi pada umumnya.

Hanya dengan menambahkan tautan afiliasi produk ke dalam konten video yang Anda buat, Anda sudah dapat melibatkan fitur afiliasi ini. Ketika seseorang mengklik link tersebut, Anda secara otomatis akan mendapatkan komisi. Tentunya, Afiliasi TikTok memiliki persyaratan dan ketentuan yang perlu dipenuhi agar Anda dapat diterima sebagai afiliasi. Untuk lebih jelasnya kamu bisa membuka aplikasi TikTok yang terinstall di smartphone kamu kemudian simak baik-baik setiap persyaratannya.

Berjualan Produk Di TikTok Shop

Mengkomersialkan produk melalui Toko TikTok bisa menjadi peluang yang menjanjikan untuk menghasilkan pendapatan dari platform ini. Meski hanya berupa jagung muda, TikTok Shop banyak diminati pengguna, karena bisa langsung berbelanja di aplikasi TikTok tanpa membuka marketplace tersendiri.

Bagi penjual, mendaftar di TikTok Shop juga sangat mudah. Yang harus Anda lakukan adalah mengikuti persyaratan yang ditetapkan oleh platform, mengunggah produk Anda dan melengkapi informasi seperti di pasar lain, dan Anda hanya perlu menunggu pembeli datang. Sedikit tips dari kami, manfaatkan fitur live broadcast untuk mempromosikan merchandise anda.

Demikian ulasan artikel tentang Apa Itu TikTok? Yuk Simak Penjelasan Lengkapnya Sekarang Juga. Semoga bermanfaat.