Memahami Artikel: Pengertian, Tujuan, Karakteristik, dan Struktur

Memahami Artikel: Pengertian, Tujuan, Karakteristik, dan Struktur
Menulis Artikel | Foto : Warga Selatan

Warga Selatan - Bagi Anda yang mempunyai kebiasaan membaca khususnya membaca lagu-lagu non fiksi pasti sering mendengar kata-kata atau istilah-istilah dalam artikel. Artikel ini sendiri adalah hal yang sangat mudah sekali untuk ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, baik dari majalah, surat kabar maupun media online. Mungkin Anda sadar atau tidak, bahwa saat ini Anda sedang membaca sebuah artikel.

Selain itu bagi Anda yang pernah mengerjakan tugas atau proyek penulisan ilmiah pasti sudah terbiasa mencari artikel ilmiah melalui mesin pencari Google. Melalui Google, ada banyak jenis artikel yang bisa ditemukan dengan mudah oleh Anda, mulai dari Google Scholar, Scopus, dan lain sebagainya. Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan artikel? Artikel ini akan menjelaskan semua seluk beluk artikel.

Memahami Artikel


Artikel ini sendiri juga dapat diartikan sebagai suatu rangkaian atau karangan yang telah dibuat berdasarkan fakta dan opini untuk dimuat di media baik itu media cetak, media online, bahkan pada saat ini ada banyak sekali artikel yang diunggah di media sosial. Penulisan artikel sendiri sebenarnya bertujuan untuk menyampaikan suatu gagasan yang memuat data dan fakta. Ide-ide dalam artikel pada akhirnya juga dapat mendidik, meyakinkan dan mulai memberikan saran hiburan bagi para pembaca.

Selain itu, topik, tema, atau ide dalam sebuah artikel dapat disajikan dalam bentuk opini. Pendapat ini biasanya digunakan untuk menyikapi suatu permasalahan yang terjadi di masyarakat sekaligus memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut. Yang perlu diperhatikan dalam menulis artikel adalah segala pendapat dan solusi yang disampaikan harus berdasarkan fakta dan data yang akurat, sehingga artikel tersebut dapat diuji kebenarannya.

Tujuan Artikel


Setelah mengetahui pengertian artikel, maka pada bagian ini kita akan menjelaskan kepada Anda tujuan dari artikel tersebut. Tujuan setiap tulisan pasti berbeda-beda, misalnya tujuan teks prosedur dan teks eksplanasi. Teks prosedur mempunyai tujuan untuk memberikan instruksi kepada pembaca. Sedangkan tujuan teks eksplanasi adalah untuk menjelaskan dan mendeskripsikan sesuatu.

Tujuan artikel sendiri dapat dilihat dari 2 sudut pandang, yaitu tujuan penulis artikel dan tujuan pembaca. Berikut pembahasan mengenai 2 tujuan artikel tersebut, antara lain: tujuan atau manfaat yang diperoleh penulis artikel adalah sebagai berikut:

Sarana untuk menyampaikan gagasan,
Alat untuk berpikir sistematis,
Sarana publikasi hasil pemikiran ilmiah,
Sarana untuk menguraikan atau membahas pokok permasalahan yang telah ditentukan peneliti,
Sarana untuk menjelaskan atau membahas suatu permasalahan menurut bidang ilmu tertentu.

Karakteristik Artikel


Setelah memahami maksud dan tujuan artikel, baik dari sudut pandang penulis maupun pembaca, Anda akan diajak untuk mempelajari ciri-ciri artikel tersebut. Ciri-ciri artikel dapat digunakan untuk membedakan suatu artikel dengan artikel lainnya. Anda dapat menggunakan karakteristik artikel untuk mengidentifikasi sebuah artikel. Nah berikut ciri-ciri yang perlu Anda perhatikan, antara lain:

Artikel Ditulis Secara Ringkas, Padat dan Jelas


Sebuah artikel ini harus ditulis dan disusun dengan cara menggunakan bahasa yang ringkas, padat dan juga jelas. Penulisan artikel juga bertujuan untuk memudahkan para pembaca dalam hal memahami isi artikel. Selain itu, artikel sebaiknya juga harus menggunakan bahasa yang sangat komunikatif. Hal inilah yang membuat beberapa pihak kerap menyebut artikel tersebut sebagai karya ilmiah populer.

Isi Artikel Memuat Fakta dan Opini


Selanjutnya ciri artikel yang kedua adalah artikel yang dikirimkan harus memuat fakta dan opini berdasarkan sudut pandang yang obyektif, tidak menyudutkan, dan dilengkapi dengan pendukung yang terverifikasi. Hal ini dikarenakan semua tulisan dalam sebuah artikel sebenarnya merupakan peristiwa yang benar-benar terjadi atau nyata dan bukan merupakan karangan imajinatif seorang penulis.

Artikel Harus Menggunakan Tata Bahasa yang Formal, Lugas dan Efektif


Berikutnya ciri artikel yang ketiga adalah penggunaan bahasa formal serta kalimat yang lugas dan efektif. Hal ini bertujuan agar artikel mempunyai isi yang lebih padat dan banyak.

Struktur Artikel


Setiap teks harus memiliki struktur, begitu pula artikel. Struktur sendiri dapat digunakan untuk mengatur kerangka suatu teks. Secara umum struktur suatu artikel mempunyai tiga bagian, dimulai dari bagian opini atau pernyataan tesis, bagian argumentasi, hingga bagian pernyataan ulang atau reiteration. Berikut pembahasan mengenai ketiga bagian struktur artikel tersebut, antara lain:

Pernyataan Pendapat Atau Tesis


Bagian awal artikel berupa pernyataan pendapat atau tesis. Bagian ini biasanya mempunyai fungsi sebagai pembuka artikel yang berisi tahap orientasi atau pengenalan terhadap isi artikel yang akan dibahas. Oleh karena itu, bagian ini biasanya berisi penjelasan-penjelasan penting yang aktual sehingga dapat dijadikan landasan pembahasan suatu artikel.

Argumentasi


Kemudian, bagian isi artikel adalah argumennya. Pada bagian argumentasi ini artikel memuat penjelasan pokok permasalahan yang coba dibahas dan digali secara faktual dan informatif.

Pernyataan Kembali


Bagian terakhir adalah bagian penutup atau pernyataan kembali. Pada bagian ini artikel akan memuat kalimat-kalimat kunci yang merangkum berbagai penjelasan dalam bentuk kesimpulan.

Demikian ulasan tentang Memahami Artikel: Pengertian, Tujuan, Karakteristik, dan Struktur seperti yang dilansir situs slot online, semoga bermanfaat.