Inilah Map Custom yang Digunakan untuk Kantor

Inilah Map Custom yang Digunakan untuk Kantor
Map Custom | Foto : Warga Selatan 

Warga Selatan - Setiap karyawan yang banyak bekerja di kantor biasanya memiliki meja dan perlengkapannya masing-masing sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Seringkali mereka memiliki cukup banyak dokumen di atas meja. Agar terlihat lebih rapi dan profesional serta untuk memudahkan pencarian dokumen, biasanya makalah atau dokumen dikelompokkan menurut kategori tertentu.

Pengelompokan dokumen biasanya menggunakan stopmap atau map custom warna-warni. Beberapa perusahaan menggunakan stopmap dengan desain khusus atau custom yang dipesan ke printer khusus. Map Custom merupakan tempat yang digunakan untuk menyimpan dan mengklasifikasikan dokumen yang dapat dibuat dari kertas atau plastik khusus, sehingga ketika mencari dokumen yang telah diklasifikasikan menjadi mudah.

Selain kenyamanan, kerapian juga menjadi salah satu keuntungan menggunakan map ini. Ukuran peta adalah Folio F4 (21,6 cm x 33 cm). Di Indonesia, banyak orang menyebut stopmaps untuk singkatnya, yaitu map. Ini sebenarnya membingungkan karena kita juga menyerap kata-kata bahasa Inggris di mana map berarti peta. Kebanyakan orang Indonesia menyebut map sebagai folder. 

Beberapa fungsi Stopmap adalah:

  • Untuk menyimpan dokumen agar lebih mudah ditemukan saat mencari

  • Lindungi dokumen misalnya dari air.

  • Sebagai tempat penyimpanan agar tidak mudah hilang

  • Untuk custom map ada fungsi tambahan yaitu media promosi perusahaan.

  • Simpan materi presentasi untuk peserta

Map dapat dibuat dari kertas atau plastik. Kalau dari kertas biasanya terbuat dari kertas manila atau kertas BC, Ivory atau Buffalo. Terbuat dari kertas apa saja, stopmap lebih kaku atau lebih keras dari kertas biasa yang berfungsi sebagai pelindung dokumen.

Cara Penggunaan


Kita hanya perlu menempelkan label di halaman depan agar kita bisa mengetahui isinya tanpa harus membukanya terlebih dahulu. Sebaiknya disimpan berdiri tidak ditumpuk sehingga memudahkan pencarian. Jika disimpan terlalu banyak, selain menyulitkan saat mencari, juga akan merusak peta yang disimpan di bagian bawah. Map yang tersimpan rapi berdasarkan warna akan memudahkan pencarian dokumen di tengah banyak dokumen sejenis dalam satu tempat.

Map yang Bentuk Umum


Stopmap yang umum biasanya berwarna polos, merah, kuning, hijau, biru, biru muda dan warna lain yang terbuat dari kertas tebal atau bahan plastik. Hal ini memang dibuat agar memudahkan pencarian dokumen. Misalnya, data untuk karyawan lajang dapat disimpan dalam stopmap kuning, sedangkan data untuk karyawan yang sudah menikah dapat disimpan dalam stopmap hijau. Bisa juga lebih spesifik, misalnya yang sudah punya anak atau yang status perkawinannya masih lajang.

Semuanya bisa disimpan di map yang berbeda tergantung seberapa spesifik Anda mengelompokkan data karyawan. Stopmap jenis ini banyak dijual di toko-toko buku hingga kios-kios yang menjual alat tulis kantor. Penggunaannya secara umum tidak memiliki identitas perusahaan tertentu, sehingga stopmap dapat dicampur dengan map lain yang memiliki warna yang sama.

Harga Stopmap mulai dari Rp. 500 sampai Rp. 103.000 tergantung bahan, merk, dan jumlah, ada yang dijual satuan dan ada pula yang dijual per 50 buah. Jika harganya berbeda jauh, biasanya karena yang satu mencantumkan harga satuan sedangkan yang lain mencantumkan harga per kelompok, misalnya per 50 unit.

Map Custom


Map custom dicetak khusus berdasarkan desain Anda. Map yang dicetak menggunakan nama institusi atau perusahaan beserta alamatnya. Memiliki Map Custom seperti itu akan meningkatkan citra perusahaan dan sekaligus mempromosikan eksistensi perusahaan kita. Perusahaan juga akan terlihat lebih profesional dan baik di mata rekan kerja dan klien.

Dengan menyimpan dokumen di stopmap ini akan mudah dikenali dari kejauhan karena desainnya yang unik. Jadi tunggu apa lagi untuk mulai menggunakan Custom Map dan tinggalkan stopmap umum yang banyak digunakan orang lain. Saat menggunakan stopmap khusus atau kustom ini, kita dapat memperhatikan beberapa hal:

Desain


Map kustom biasanya menggunakan logo perusahaan dan juga alamat perusahaan yang jelas. Desainnya dibuat semenarik mungkin sehingga selain memiliki sisi fungsional juga memiliki sisi estetika. Selain itu, warna yang sesuai dengan warna dasar perusahaan biasanya juga digunakan pada map custom.

Pilih tempat pencetakan


Pastikan Anda memesan dari printer profesional dan terpercaya tepat waktu penyelesaian dan keakuratan hasil sesuai dengan desain pracetak yang telah disepakati bersama. Perhatikan juga harga yang ditawarkan, pastikan Anda mendapatkan harga yang wajar. Apakah printer Anda menawarkan garansi penggantian gratis jika terjadi kesalahan cetak karena kesalahan pencetakan?

Harga yang baik tidak selalu merupakan harga yang paling murah, kita harus membandingkannya dengan apa yang kita dapatkan. Pernahkah Anda memilih harga termurah untuk suatu barang tetapi kemudian dalam beberapa hari barang tersebut rusak dan tidak dapat digunakan lagi? Ini adalah buang-buang uang dan waktu dan tentu saja menjengkelkan.

Mungkin Anda mendapatkan harga yang bukan yang termurah namun memiliki kualitas barang yang baik sehingga dapat digunakan dalam waktu yang lama dan sesuai dengan fungsinya, inilah yang memberikan nilai terbaik untuk Anda.

Demikian ulasan tentang Map Custom yang Digunakan untuk Kantor seperti yang dilansir situs slot, semoga bermanfaat.