Cara Membersihkan Port USB Pada PC

Cara Membersihkan Port USB Pada PC
Port USB | Foto : Warga Selatan 

Warga Selatan - Jika port USB Anda bermasalah, hal pertama yang terlintas dalam pikiran adalah penumpukan kotoran, jadi Anda mungkin ingin membersihkannya. Lagi pula, Anda mungkin tidak akan terlalu memperhatikan komponen lain, terutama layar, agar bisa tetap dalam kondisi prima. Selain itu, port USB ini sangat kecil sehingga Anda tidak menganggapnya menarik kotoran dan mungkin akan kesulitan membersihkannya. 

Oleh karena itu, Anda mungkin bertanya-tanya apa cara terbaik dan benar untuk membersihkan port USB Anda dan apakah proses pembersihannya bergantung pada perangkat. Sebelum memulai untuk membersihkan port USB PC Anda, siapkan bahan-bahan yang Anda perlukan untuk membersihkannya. 

Tergantung pada jenis dan jumlah kotorannya, Anda memerlukan bahan berbeda untuk menghilangkan kotoran. Misalnya, jika Anda memiliki debu yang lepas di dalam port, maka Anda memerlukan alat yang berbeda dibandingkan jika port tersumbat oleh kotoran lengket. Berikut ini bahan yang Anda perlukan:

Isopropil Alkohol 


Salah satu bahan untuk membersihkan barang elektronik ini adalah isopropil alkohol, yang biasa dijual sebagai alkohol gosok. Ini mudah tersedia dalam persentase kandungan alkohol yang berbeda. Semakin tinggi kandungan alkoholnya, semakin cepat kering sehingga cocok untuk membersihkan port USB. Ini juga merupakan pilihan yang bagus untuk menghilangkan kotoran yang membandel karena Anda dapat mengaplikasikannya beberapa kali agar bisa merendam kotoran dan menghilangkannya dengan mudah.

Itulah sebuah alasan utama kenapa menjadikan alkohol sebagai salah satu pilihan yang jauh lebih baik jika dibandingkan air biasa karena air ini dapat meninggalkan residu, tidak cepat kering, dan tidak dapat membersihkan kotoran inidengan efektif. Konsentrasi alkohol yang disarankan adalah 99%, tetapi jika persentasenya lebih rendah, Anda akan baik-baik saja.Anda hanya perlu menunggu lebih lama hingga menguap. Satu-satunya kendala adalah alkohol dapat semakin merusak port USB Anda jika sudah rusak.

Tusuk Gigi


Jika kotoran tidak mudah dihilangkan, maka bahan-bahan di atas mungkin tidak akan cukup dan Anda ini mungkin juga akan sangat memerlukan tusuk gigi untuk menggaruk kotoran dan mengeluarkannya dengan lembut. Anda dapat menggunakannya untuk menghilangkan kotoran, debu, dan kotoran yang lengket atau lepas. Menggunakan benda apa pun yang ujungnya tajam, seperti jarum atau peniti, maka ini dapat dilakukan. Namun tusuk gigi ini lebih aman karena terbuat dari kayu dan lebih tebal dari jarum.

Namun, jika terlalu tebal, Anda perlu memotong atau mengikisnya agar sesuai dengan lubangnya. Maka akan kecil kemungkinan Anda merusak pin sensitif di dalam port jika Anda salah menanganinya. Selain itu, tidak seperti logam, kayu tidak bersifat konduktif, sehingga menghilangkan bahaya sengatan listrik atau kerusakan komponen elektronik. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan penusuk interdental plastik karena ujungnya jauh lebih kecil dari tusuk gigi dan terbuat dari plastik, yang juga non-konduktif.

Kain Microfiber Bebas Serat


Anda mungkin tidak memerlukan kain mikrofiber jika hanya membersihkan port USB. Maka Anda dapat menggunakannya untuk membersihkan debu atau kotoran yang keluar dari port dan menempel pada bagian PC lainnya. Anda mungkin ingin membersihkan semua komponen setelah melakukan port USB.

Siapkan Area Kerja Anda


Sekarang setelah Anda memiliki semua yang dibutuhkan, maka Anda dapat mempersiapkan area kerja Anda untuk mulai membersihkan. Jika ingin menggunakan udara kaleng atau membersihkan seluruh PC, lebih baik pindahkan PC Anda ke luar untuk menghindari debu bertebaran di furnitur Anda. Selain itu, hindari lingkungan yang berdebu karena mungkin akan lebih banyak debu yang masuk ke dalam port ini.

Letakkan PC di atas meja, matikan, dan lepaskan semua periferalnya. Anda mungkin juga ingin menguras sisa daya dengan menekan dan menahan tombol power. Meskipun membersihkan port USB PC ini tidak berbahaya dan rumit, Anda mungkin akan ingin tetap aman karena berurusan dengan barang elektronik.

Periksa Port


Anda sebaiknya memeriksa port dengan cermat. Ambil senter dan lihat ke dalam port untuk melihat seberapa kotor port tersebut. Sekarang, Anda harus memutuskan apakah Anda perlu membersihkan port dalam beberapa langkah atau dapat dilakukan sekaligus. Maka Anda bisa menggunakan semprotan udara atau kapas yang dicelupkan ke dalam alkohol jika yang ada hanyalah kotoran yang bisa digosok.

Bersihkan Port


Anda dapat memulai pembersihan. Seperti yang disebutkan, pemilihan bahan pembersih ini bergantung pada tingkat kekotoran, namun Anda juga dapat menggunakan semua alat di atas jika ingin melaluinya.

  • Mulailah dengan menghilangkan kotoran yang lengket.

  • Anda dapat menggosoknya dengan tusuk gigi atau alkohol.

  • Jangan memberikan tekanan, terutama jika Anda merasakan penolakan.

  • Dalam kasus seperti itu, Anda harus mengubah arah untuk menghindari kemacetan port lebih lanjut.

  • Tunggu sampai cairannya menguap. Ingatlah untuk tidak menggunakan kapas baru untuk mengeringkan cairan karena mungkin ada serat di dalam port.

  • Kemudian, gunakan udara kaleng untuk meniup debu dengan semburan singkat namun terkendali, sambil memegang wadah tegak lurus.

  • Anda dapat mengulangi proses ini sebanyak yang Anda inginkan hingga Anda yakin bahwa port tersebut bersih.

  • Setelah port kering, Anda dapat menggunakan komputer Anda lagi.

Demikian ulasan tentang Cara Membersihkan Port USB Pada PC. Seperti yang dilansir situs slot, semoga bermanfaat.