Standar dan Jenis Wi-Fi Paling Umum Pada Saat ini

Standar dan Jenis Wi-Fi Paling Umum Pada Saat ini
Jenis WiFi | Foto : Warga Selatan 

Warga Selatan - Wi-Fi adalah istilah umum. Dalam arti tertentu, ini tepat. Ini menjelaskan metode yang dapat digunakan untuk terhubung ke internet. Ada banyak jenis standar Wi-Fi. Router, laptop, tablet, ponsel cerdas, dan perangkat rumah pintar Anda menggunakan standar Wi-Fi berbeda ini agar bisa terhubung ke internet. 

Standar Wi-Fi juga akan terus berubah setiap beberapa tahun sekali. Beberapa pembaruan terbaru tentu menghadirkan internet yang lebih cepat, koneksi yang lebih baik, koneksi yang jauh lebih cepat, dan lain sebagainya. Namun banyaknya standar dan spesifikasi Wi-Fi ini tentunya akan membuat Anda bingung.

Apa Itu Standar Wi-Fi?


Standar Wi-Fi adalah serangkaian layanan dan protokol yang menentukan cara kerja jaringan Wi-Fi Anda (dan jaringan transmisi data lainnya). Standar Wi-Fi paling umum yang akan Anda sering temui adalah IEEE 802.11 Wireless LAN (WLAN) & Mesh. 

IEEE memperbarui standar Wi-Fi 802.11 setiap beberapa tahun sekali. Pada saat artikel ini ditulis, standar Wi-Fi yang paling umum digunakan adalah 802.11ac, sedangkan standar Wi-Fi generasi berikutnya, 802.11ax (juga dikenal sebagai Wi-Fi 6 dan juga Wi-Fi 6E).

Kini, generasi setelah 802.11ax juga sudah di depan mata, dengan IEEE 802.11 yang direncanakan hadir tahun 2024/2025 (menggunakan nama Wi-Fi 7). Sebelum Anda mulai bertanya, ya, Wi-Fi 8 sedang dalam pengembangan, saat ini menggunakan nama IEEE 802.11bn.
Namun diperkirakan tidak akan diluncurkan hingga setidaknya tahun 2028, dan kemungkinan akan memakan waktu beberapa tahun setelahnya, mengingat bagaimana cara Wi-Fi hadir dan penyerapan cyang enderung tersaring dengan lebih lambat.

Sejarah Singkat Standar Wi-Fi


  • IEEE 802.11 : Yang asli! Standar yang sekarang sudah tidak ada ini dibuat pada tahun 1997 dan mendukung kecepatan koneksi maksimum yang sangat cepat yaitu 54 megabit per detik (Mbps). Perangkat yang menggunakan ini belum dibuat selama lebih dari satu dekade dan tidak akan berfungsi dengan peralatan masa kini.

  • IEEE 802.11a : Dibuat pada tahun 1999 yang lau, versi Wi-Fi ini juga bekerja pada band 5GHz. Hal ini dilakukan dengan harapan akan mengurangi gangguan, karena banyak perangkat (seperti kebanyakan telepon Wi-Fi) juga menggunakan band 2,4GHz. 802.11a ini juga cukup cepat, dengan kecepatan data yang bisa maksimum mencapai 54Mbps. 

Apa Saja Standar dan Jenis Wi-Fi Paling Umum Pada Saat ini?


  • IEEE 802.11b : Juga dibuat pada tahun 1999, standar ini menggunakan band 2.4GHz yang lebih umum dan dapat mencapai kecepatan maksimum 11Mbps. 802.11b adalah standar yang mengawali popularitas Wi-Fi.

  • IEEE 802.11g: Dirancang pada tahun 2003, standar 802.11g meningkatkan kecepatan data maksimum menjadi 54Mbps sambil mempertahankan band 2,4GHz yang andal. Hal ini mengakibatkan penerapan standar secara luas.

  • IEEE 802.11n: Diperkenalkan pada tahun 2009 yang lalu, versi ini memiliki kecepetan internet awal yang lambat. 802.11n beroperasi pada 2.4GHz dan 5GHz, serta mendukung penggunaan multi-saluran. 

  • IEEE 802.11ac: Standar ac adalah standar yang paling sering Anda temukan digunakan oleh perangkat Wi-Fi pada saat penulisan. Pertama kali dirilis pada tahun 2014, ac secara drastis meningkatkan throughput data untuk perangkat Wi-Fi hingga maksimum 1.300 megabit per detik. Selain itu, ac menambahkan dukungan MU-MIMO, saluran siaran Wi-Fi tambahan untuk band 5GHz, dan dukungan lebih banyak antena pada satu router.

  • IEEE 802.11ax : Berikutnya untuk router dan perangkat Wi-Fi Anda adalah standar kapak. Saat 802.11ax menyelesaikan peluncurannya , Anda akan memiliki akses ke throughput jaringan teoretis sebesar 10Gbps dan peningkatan sekitar 30-40 persen dibandingkan standar ac. 

  • IEEE 802.11be: Meskipun spesifikasi 802.11be belum final, kemungkinan besar 802.11be akan menjadi penerus 802.11ax. Sesuai dengan makalah IEEE Xplore , 802.11be akan memberikan "bandwidth dua kali lipat dan peningkatan jumlah aliran spasial, yang bersama-sama memberikan kecepatan data hingga 40 Gbps."

Standar Wi-Fi 8 ini jyga sedang dalam pengembangan, dan nama resminya saat ini adalah IEEE 802.11bn.

Apakah Semua Perangkat Wi-Fi Kompatibel?


Dua perangkat yang menggunakan standar Wi-Fi yang sama persis dapat berkomunikasi tanpa adanya batasan. Namun, masalah muncul ketika Anda mencoba menyambungkan dua perangkat yang menggunakan standar Wi-Fi berbeda yang mungkin tidak kompatibel.

  • Saat ini, router dan perangkat Anda yang menggunakan 802.11ac dapat berkomunikasi dengan lancar.

  • Perangkat yang menggunakan 802.11b, g, dan n dapat berkomunikasi dengan router ac.

  • 11b ini tidak dapat berkomunikasi dengan a, maupun sebaliknya.

  • 11g ini tidak dapat berkomunikasi dengan b, dan juga sebaliknya.

Standar asli bermula pada tahun 1997 yang lalu dan sekarang dikenal sebagai warisan 802.11) sudah usang, sedangkan standar a dan b mendekati akhir masa pakainya. Jadi, ya, sebagian besar perangkat Wi-Fi kompatibel, tetapi ada beberapa kekhasan pada standarnya. 

Khususnya, pada saat Anda membeli perangkat baru, Anda tahu perangkat tersebut kompatibel dengan router Wi-Fi Anda saat ini. Namun hal ini juga mungkin tidak terjadi jika Anda memiliki router lama yang menggunakan standar Wi-Fi lama ini.

Demikian ulasan tentang hotel Standar dan Jenis Wi-Fi Paling Umum Pada Saat ini seperti yang dilansir bandar alexistogel, semoga bermanfaat.