Wow, Ini Dia Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat

Wow, Ini Dia Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat
Memilih Jurusan Kuliah | Foto : Warga Selatan 

Warga Selatan - Bagi mereka yang saat ini duduk di bangku kelas XII, pikirannya tidak hanya tertuju pada kelulusan dengan nilai terbaik saja. Tapi juga kemana kamu akan melanjutkan setelah lulus? 

Meskipun saat ini sudah banyak universitas yang tersedia, namun Memilih Jurusan Kuliah bukanlah hal yang mudah. Banyak pertimbangan yang harus dipikirkan, agar tidak salah mengambil arah. Berikut beberapa tips yang akan membantu Anda memilih jurusan kuliah yang tepat.

Tips Memilih Jurusan Kuliah

Ikuti Keinginan Anda

Kunci dalam memilih jurusan kuliah adalah mengetahui apa yang benar-benar Anda sukai. Bukan hanya soal mata pelajaran sekolah, namun juga aspek-aspek lain yang mungkin tidak berhubungan langsung dengan materi pelajaran. Ini akan menjadi panduan Anda dalam menentukan jurusan Anda di perguruan tinggi. Jadi kamu tidak akan terlalu bingung ketika harus memilih jurusan A atau jurusan B.

Misalnya, Anda menyukai mata pelajaran eksakta seperti matematika atau sains. Jadi pilihlah jurusan yang banyak diisi dengan kedua mata pelajaran tersebut. Begitu pula bagi Anda yang suka menghafal tapi malah berhitung. Jurusan IPS akan tetap menjadi pilihan. Pastikan jurusan yang Anda pilih sesuai dengan keinginanmu.

Pahami Potensi Diri

Selain mengetahui hal yang disukai, Anda juga harus mengetahui dan mengenali potensi diri. Terkadang, potensi diri tersebut tidak selalu sejalan dengan minat dan passion Anda. Namun hal tersebut dapat memberikan Anda panduan dalam menentukan jurusan mana yang akan dipilih. Misalnya Anda suka bekerja sebagai programmer. Namun ternyata Anda tidak memiliki kemampuan di bidang matematika dan logika. 

Jadi, tinggalkan minat Anda sebelum Anda menyesal di kemudian hari. Namun, potensi Anda juga bisa berhubungan langsung dengan minat Anda. Artinya, Anda sudah bisa memanfaatkan potensi tersebut menjadi hobi yang bisa terus Anda gali. Mengenal potensi diri lebih dalam akan menghindarkan Anda dari kebingungan.

Jangan Ikuti Pilihan Temanmu

Nah, ini penting bagi kamu yang masih ragu dalam memilih jurusan kuliah. Jangan pernah mengambil jurusan karena sedang tren atau karena banyak teman Anda yang memilihnya. Sebab, seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, memilih jurusan haruslah berdasarkan minat dan potensi yang dimiliki. Jangan asal menuruti pilihan temanmu, karena hanya akan menyesatkanmu.

Yakinkan diri Anda bahwa jurusan kuliah Anda adalah jurusan yang tepat untuk Anda. Karena bisa saja jurusan A itu cocok untuk temanmu tapi tidak terlalu cocok untukmu. Dan sebaliknya. Jadi, buang jauh-jauh pikiran untuk mencocokkan jurusanmu dengan teman-temanmu. Nasib Anda ada di tangan Anda sendiri. Bukan orang lain.

Ketahui Tingkat Akreditasi Jurusan

Salah satu hal yang tidak boleh diabaikan dalam memilih jurusan perguruan tinggi adalah tingkat akreditasi jurusan tersebut. Apalagi jika Anda akan memilih jurusan di universitas swasta. Tingkat akreditasi ini akan memberikan gambaran mengenai tingkat kredibilitas departemen. Semakin tinggi akreditasi yang dimiliki departemen tersebut, semakin baik pula Anda dalam memilih. 

Sebab, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap departemen ini akan tinggi. Jangan lupa, tingkat akreditasi departemen ini akan mempengaruhi penilaian perusahaan saat Anda melamar pekerjaan di kemudian hari. 

Termasuk juga ketika ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Jadi, selalu perhatikan tingkat akreditasi jurusan yang dipilih. Jangan biarkan diri Anda tergiur bujukan orang lain tanpa peduli dengan masa depan Anda.

Perhatikan Peluang Kerja Setelah Kuliah

Sasaran calon mahasiswa saat lulus kuliah mayoritas adalah menjadi pekerja atau karyawan. Akan lebih baik jika nantinya Anda bisa bekerja di perusahaan besar yang memang menjadi impian Anda. Nah oleh karena itu perhatikan juga jurusan yang akan kamu pilih.  

Akankah banyak perusahaan yang membutuhkan jasa Anda sebagai lulusan jurusan tersebut? Meski hal ini tidak bersifat mutlak, karena nyatanya banyak pekerjaan yang dijalani tanpa menyesuaikan jurusan atau pendidikan yang diperoleh. Namun setidaknya hal ini akan memudahkan usahamu mendapatkan pekerjaan setelah selesai kuliah.

Pantau Situasi Global

Di era globalisasi saat ini, Anda juga harus pintar-pintar mengikuti dan memahami arah perubahan dunia. Termasuk juga ketika memilih jurusan di perguruan tinggi. Apa yang sedang tren di dunia dan Indonesia saat ini menjadi salah satu tolak ukur dalam melanjutkan pendidikan. 

Namun perhatikan juga apakah tren ini akan bertahan dalam 5-10 tahun ke depan? Sehingga ketika kamu selesai kuliah, akan banyak pekerjaan yang siap menampungmu.

Perhatikan Biaya Kuliah

Saat memilih jurusan kuliah, perhatikan juga biaya kuliah yang harus Anda bayarkan. Bukan hanya biaya 1-2 tahun saja. Tapi total biayanya, dari semester pertama hingga selesainya sidang skripsi nanti. Misalnya, biaya kuliah yang diperlukan untuk kedokteran dan sastra atau bahasa akan jauh berbeda. Sebab banyak praktik yang harus dilakukan calon dokter dibandingkan calon lulusan bahasa.

Jika orang tuamu kesulitan membiayai studimu selanjutnya, jangan memaksakan diri. Meski bisa bekerja sambil belajar, hal ini akan mengganggu fokus belajar Anda. Pada akhirnya masa studi Anda akan tertunda dari waktu yang ditentukan.

Memang ada solusinya dengan mendapatkan beasiswa. Namun, ini pun tidak mudah. Sebab beasiswa hanya akan diberikan kepada mereka yang tidak mampu atau mempunyai nilai akademik rata-rata tinggi semasa SMA.

Demikian ulasan tentang Wow, Ini Dia Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat seperti yang dilansir slot gacor hari ini. Semoga bermanfaat.