Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Menanam Padi di Sawah dengan Baik dan Benar

Daftar Isi [Tampil]

Cara Menanam Padi - Menanam sebuah padi bukanlah perkara yang mudah, kamu harus tau terlebih dahulu step by stepnya agar kamu mampu menanam padi dengan baik dan benar.

Gambar Cara Menanam Padi
5 Cara Menanam Padi di Sawah dengan Baik dan Benar
Padi merupakan jenis tanaman yang jika di olah akan menjadi beras. Dan beras merupakan sumber kebutuhan hidup penduduk Indonesia. Setelah jadi beras maka nantinya di olah lagi jadi nasi.

Dan nasi inilah yang setiap hari selalu kita makan. Tanpa nasi semua penduduk Indonesia biasanya akan merasakan lemah atau badannya kurus. Oleh karena itu kebanyakan penduduk Indonesia makanan pokoknya adalah nasi.

Nah jika tidak ada orang yang menanam padi lantas darimana dong kita bisa mendapatkan beras ? Oleh karena itu, jika kalian ingin menanam padi dan menghasilkan padi yang bagus kalian harus menanamnya dengan baik dan benar.

Supaya hasilnya bisa kalian makan sendiri atau jika ada lebih kalian bisa menjualnya. Karena untuk menanam padi ini semakin banyak kamu memiliki sawah maka semakin banyak juga hasil yang akan kamu dapatkan.

Dan bagi kamu yang mau menanam padi namun tidak mengetahui caranya kamu boleh simak caranya dibawah ini.

5 Cara Menanam Padi dengan Baik dan Benar Agar Hasil Melimpah

1. Pilih Jenis Padi yang Diinginkan

Ada banyak sekali padi yang bagus dan pastinya bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah dengan cara menjualnya. Hampir semua padi itu sama, akan tetapi tergantung siapa yang menanamnya dan bagaimana menanamnya.

Jika orang lain sudah berpengalaman dalam menanam padi pastinya orang lain juga pernah gagal panen. Kenapa ? Karena tidak setiap menanam padi itu selalu berhasil dan bisa memuaskan.

Nah oleh karena itu bagi kamu yang mau menanam padi kamu bisa pilih jenis padinya dulu lalu setelah itu kamu meminta bantuan kepada orang yang sudah berpengalaman dalam menanam padi.

2. Sediakan Pupuk Secukupnya

Pupuk juga penting dalam menanam padi. Pupuk ini bisa sangat membantu sekali agar padi kamu menjadi lebih bagus dan pastinya jika di panen bisa menghasilkan padi yang banyak.

Jika di sebuah pedesaan padi yang sering digunakan adalah Orea dan TSP. Kalo di perkotaan saya belum mengetahuinya karena saya asli orang kampung hehe.

Kalo kamu menanam padi tanpa memberikan pupuk pastinya padi yang kamu tanam tidak akan tumbuh dengan baik, selain itu padi yang kamu tanam bisa-bisa di serang hama, oleh karena itu kami wajib untuk  menyediakan pupuk ini.


Baca Juga : Cara Membuat Rak Sepatu dari Bambu dengan Mudah dan Simpel 


3. Tanam Padi dengan Berjauhan

Maksudnya adalah jika kamu menanam sebuah padi janganlah kamu menanamnya dengan berdekatan ini akan menyebabkan padi tersebut susah untuk tumbuh dan akan menyebabkan padi tersebut mati.

Hal ini jangan kamu lupakan agar padi yang kamu tanam tidak sia-sia dan pastinya bisa menghasilkan sebuah padi yang kamu inginkan.

4. Jika sudah 2 Bulan Cek Padi

Jika kamu menanam padi dan padi tersebut sudah berumur 1 – 2 bulan maka sebaiknya kamu melakukan pengecekan secara berkala takutnya nanti sawah kamu dipenuhi dengan rumput-rumput liar, jika memang begitu maka sebaiknya kamu menyingkirkannya.

Hal ini perlu dan penting dilakukan agar rumput liar tidak tumbuh ke padi kamu, jika tumbuh ke padi kamu ini akan mengakibatkan padi kamu mati karena terhalang rumput liar.

5. Jika Sudah Ahir Bulan maka Cek Kembali

Maksudnya adalah jika padi yang kamu tanam sudah masuk panen maka sebaiknya kamu mengecek setiap hari agar kamu tau kapan padi tersebut kamu harus memanennya.

Jika kamu tidak cek maka akibatnya nantinya bisa-bisa padi yang kamu tanam terlalu matang dan ini akan mengakibatkan padi kamu berjatuhan dari tangkainya.

Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat di ambil adalah pilih jenis padi yang baik yang kamu inginkan, setelah itu kamu sediakan pupuk yang cukup jangan berlebihan karena bisa merusak padi.

Dan selanjutnya jika padi sudah ditanam maka kamu tinggal melakukan pengecekan seminggu sekali atau beberapa hari sekali tergantung anda sibuk atau tidaknya.

Nah, demikianlah informasi cara menanam padi yang dapat admin warga selatan sampaikan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan berguna bagi warga semua.

Masih ada banyak sekali artikel yang admin belum sampaikan, jadi dalam kesempatan selanjutnya admin akan membagikannya kembali kepada warga semua, Sekian dan Terimakasih.

Pencarian paling banyak di cari :

  • cara menanam padi dari awal sampai akhir
  • gambar cara menanam padi
  • budidaya padi sawah
  • cara menanam padi dengan cepat
  • cara menanam padi secara tradisional
  • cara menanam padi yang baik dan menguntungkan
  • cara menanam padi untuk anak tk
  • cara menanam padi tongkol 2

Posting Komentar untuk "5 Cara Menanam Padi di Sawah dengan Baik dan Benar"